Tuesday, August 16, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    8 Teknik Pengereman yang Baik Bagi Pengendara Motor

    Meski terlihat mudah, mengendarai sepeda motor ternyata memiliki kesulitan tersendiri. Terlebih mengenai teknik pengereman. Pengendara harus mengetahui betul bagaimana cara melakukan pengereman yang baik agar tidak membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

    Dianggap mudah dilakukan karena hanya menekan handle rem menggunakan jari tangan dan menginjak pedal rem saja, ternyata praktek pengereman ini tidak semudah yang dibayangkan lho! Dilansir dari Liputan6.com, menurut NTMC Polri, teknik pengereman adalah hal utama yang perlu dikuasai oleh para pengendara sepeda motor.

    Nah, berikut ini merupakan teknik mengerem yang baik dan benar ya! Yuk simak.

    Baca juga 7 Tips Mengendarai Mobil Bagi Pemula

    1. Jangan menekan atau menginjak tuas rem terlalu keras secara mendadak saat laju kendaraan sedang tinggi. Hal ini tentu akan menyebabkan roda kendaraan slip sehingga laju sepeda motor menjadi tidak terkendali. Kurangilah laju kendaraan sambil mengijak tuas rem dan biarkan kendaraan melambat dengan sendirinya.
    2. Semakin pendek jarak pengereman maka akan semakin baik karena semakin jauh risiko kita terhadap kemungkinan terjadinya benturan.
    3. Rem yang paling efektif untuk mengurangi laju motor adalah rem depan, sedangkan rem belakang berguna untuk menyeimbangkan kendaraan. Namun, jika digunakan secara mendadak maka akan membuat kendaraan tergelincir, hati-hati ya!
    4. Teknik pengereman yang benar adalah dengan menggunakan kedua rem, depan, dan belakang. Tapi teknik ini memerlukan latihan yang cukup rutin. Hal ini dilakukan agar proses pengereman berjalan dengan efektif dan menghindari potensi kendaraan slip.
    5. Dalam latihan, cobalah untuk melaju dengan kecepatan tertetu. Untuk awal, 40 km/jam cukup untuk membantu kamu melatih dasar teknik pengereman dengan benar. Jangan melaju dengan kecepatan tinggi, karena bisa membuatmu kesulitan untuk melakukan teknik rem yang benar.
    6. Saat mengerem, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas putaran gas. Kemudian, tarik tuas rem depan dengan cara diremas. Pada saat yang bersamaan, injaklah tuas rem dengan kaki untuk menyeimbangkan kendaraan.
    7. Pastikan bahwa keadaan sepeda motor tegak sehingga kamu tidak tergelincir saat melakukan pengereman ya!
    8. Perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk menggunakan rem depan sekuat-kuatnya dalam berlatih teknik pengereman. Penggunaan rem ini harus didasari oleh feeling yang kuat, agar pengereman optimal.
    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here