Monday, May 23, 2022
26.1 C
Jakarta
More
    HomeOtomotif TeknologiApa Itu Cloud Computing?

    Apa Itu Cloud Computing?

    Apa kamu pernah mendengar istilah ‘Cloud Computing’? Mungkin bagi beberapa orang istilah ini masih terdengar asing. Di era digital seperti sekarang ini, cloud computing menjadi hal yang sudah banyak diterapkan di berbagai aspek. Bahkan, dengan semakin berkembangnya era digital dan internet kedepannya, penggunaan cloud computing akan akan semakin marak kedepannya karena sistem ini memungkinkan Anda untuk menjalankan suatu aplikasi di beberapa komputer tanpa harus menginstallnya satu per satu.

    Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkoneksi melalui internet menggunakan cloud computing.

    Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

    Karena alasan tersebut, sistem cloud computing ini dinilai lebih memberikan banyak keuntungan dan manfaat. Beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan sistem cloud computing adalah sebagai berikut:

    • Semua data tersimpan dalam server secara terpusat. Hal ini memudahkan pengguna sehingga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.
    • Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll
    • Cloud System memiliki fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi. Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk.
    • Menggunakan sistem cloud juga merupakan salah satu bentuk penghematan biaya. Karena, pengguna tak perlu lagi membeli harddisk atau memori penyimpanan tambahan. Pengguna hanya akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi karena semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis Cloud.

    Selain itu, cara kerja cloud system ini juga serba menggunakan internet. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah – perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.

    Jika kamu masih belum bisa membayangkan, contoh sederhana dari sistem cloud ini salah satunya adalah penggunaan email seperti Yahoo atau pun Gmail. Data di beberapa server diintegrasikan secara global tanpa harus mendownload software untuk menggunakannya. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan semua data dikelola langsung oleh Yahoo dan juga Google. 

    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments