Saturday, August 13, 2022
26.8 C
Jakarta
More

    Aplikasi Helo Hadir Di Indonesia

    Aplikasi Helo telah hadir di Indonesia. Sama seperti TikTok, Helo merupakan platform digital yang berasal dari ByteDance. Walaupun keduanya buatan ByteDance, Helo dan TikTok memiliki beberapa perbedaan, misalnya jenis konten yang tidak semuanya berupa video. 

    Helo yang telah diumumkan secara global pada Desember 2020 lalu, sudah bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. Platform digital ini memungkinkan kamu dapat membagikan konten berupa video pendek, foto, dan ungkapan ekspresi dalam unggahan status. 

    Photo by Tim Douglas from Pexels

    Helo memiliki dua fitur unggulan, yakni For You dan Helo Trends. Melansir dari tekno.kompas.com, berikut fitur yang bisa kamu gunakan pada aplikasi Helo!

    Fitur “For You” 

    Fitur “For You” dapat kamu temukan di halaman Homepage. Di dalamnya, kamu bisa melihat berbagai macam konten, baik berupa foto maupun video pendek yang diekspresikan oleh pengguna lain. Tampilan antarmuka For You didesain mirip seperti halaman “For Your Page” (FYP) yang ada di aplikasi TikTok. 

    Untuk menggunakannya, kamu bisa mengusap atau swipe ke layar atas untuk melihat konten video pendek selanjutnya yang telah dibuat oleh pengguna lain. Untuk menyaksikan konten sebelumnya kamu bisa mengusap layar ke bawah. 

    Seperti FYP di TikTok, tab ini juga mengandalkan algoritma agar konten-konten yang ditampilkan sesuai dengan aktivitas, hobi, atau minat kamu. Konten yang diunggah juga bisa kamu komentari seperti video di TikTok. Kamu juga bisa memberikan likes, download, dan membagikan konten tersebut ke teman-teman. 

    Photo by Lisa from Pexels

    Cara membuat video di aplikasi Helo

    Untuk membuat video For You, kamu bisa klik ikon (+) di bagian tengah bawah, lalu pilih opsi merekam video atau ambil dari galeri ponsel. Sebelum diunggah, video bisa kamu tambahkan efek, stiker, musik, template, caption, tag, dan lain-lain. Setelah itu, klik “Post” di pojok kanan atas. 

    Konten yang sudah kamu unggah ke Helo juga bisa kamu bagikan ke aplikasi lain, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya.

    Aplikasi Helo juga menampilkan sajian berita yang di tempatkan pada halaman khusus yang bernama Helo Trends. Helo Trends berada di tab yang letaknya ada di samping kanan halaman Homepage. 

    Kamu bisa menemukan, serta membaca berita populer yang berasal dari portal berita media online atau yang diunggah oleh pengguna lain. Dalam satu halaman Helo Trends terdapat 20 berita atau topik hangat yang akan diperbarui setiap 10 menit sekali. Kalau kamu klik salah satu topik tersebut, kamu akan menemukan empat kategori halaman, yaitu All, Popular, Latest, dan Featured. 

    1. All

    Menampilkan keseluruhan berita.

    1. Popular

    Menyajikan konten berita yang paling banyak dibaca oleh pengguna. 

    1. Latest 

    Berisikan berita populer yang terupdate dan diperbarui setiap 10 menit. 

    1. Featured

    Gabungan berita yang muncul di kolom Popular dan Latest. 

    Photo by Castorly Stock from Pexels

    Selain fitur-fitur dan cara penggunaan di atas, Helo juga memiliki tiga tab lainnya, yaitu Following yang digunakan untuk mencari akun yang ingin diikuti, Video untuk kamu melihat konten video dari pengguna lain, lalu tab Status yang berisi kumpulan ungkapan ekspresi, seperti quotes, kata-kata inspiratif lainnya. 

    Alycia Putri
    Alycia Putri
    Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here