Sunday, June 26, 2022
25.1 C
Jakarta
More

    Catat, Ini yang Kamu Butuhkan Saat Isoman!

    Isoman atau isolasi mandiri merupakan metode penanganan Covid-19 yang diperuntukkan bagi kamu yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala. Oleh sebab itu, pasien Covid-19 harus memiliki peralatan isoman (isolasi madiri) yang lengkap. Sehingga pasien harus tetap mendapatkan fasilitas kesehatan baik.

    Ini dia beberapa peralatan yang kamu butuhkan saat isoman!

    1. Termometer

    Termometer adalah peralatan penting pertama yang harus dimiliki. Berfungsi untuk mengecek suhu tubuh pasien. 

    Suhu tubuh yang normal berada di angka 36,3 sampai 37,7 derajat Celsius. Lebih atau kurang dari angka tersebut, maka pasien COVID-19 harus waspada.

    2. Pulse Oxymeter

    Pulse oxymeter atau oximeter adalah alat untuk mengukur kadar oksigen di dalam darah. Alat ini termasuk ke dalam peralatan isolasi mandi yang wajib dimiliki pasien COVID-19.

    Pasalnya, sesak napas akibat kekurangan oksigen menjadi salah satu gejala infeksi virus corona yang kerap terjadi. Dengan mengetahui kadar oksigen dalam darah, pasien bisa mengetahui seberapa darurat kondisinya saat itu. 

    Jika kondisi memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    isoman
    Photo by Mockup Graphics from Unsplash

    3. Masker dan Disinfektan 

    Jauh sebelum tabung oksigen, masker dan disinfektan adalah hal wajib yang harus dimiliki pasien.

    Bahkan, orang yang belum terkena Covid-19 wajib dipakai saat berada di luar rumah.

    4. Obat-Obatan dan Vitamin

    Kamu wajib menyediakan obat-obatan serta vitamin yang telah diresepkan dokter agar tubuh segera pulih.

    Pastikan Kamu memiliki stok obat yang cukup hingga isolasi mandiri selesai.

    Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan pasien Covid-19 saat isolasi mandiri di rumah. Semoga membantu, tetap jaga protokol kesehatan.

    Nah, 4 hal ini yang perlu kamu siapkan jika menjalani masa isoman di rumah. Meski menjalani isoman, kondisi kesehatanmu harus tetap dipantau dengan baik.

    Menurut Dr. Adib Khumaidi, Ketua Mitigasi IDI dalam webinar Indonesia Pasti Bisa pada 28 Juli 2021 lalu, pasien isolasi mandiri perlu membuat catatan pemantauan kesehatan pribadi saat menjalani isoman. Hal ini diperlukan untuk mengetahui perkembangan kesehatan setiap harinya. Jika kondisi memburuk, pasien isoman dihimbau untuk segera menghubungi Rumah Sakit atau klinik terdekat agar segera mendapatkan bantuan. Terlebih, jika gejala seperti penurunan saturasi oksigen muncul, harus segera ditangani.

    Kamu dapat mengecek kadar saturasi oksigen dengan cara berikut ini! Jangan lupa untuk terus mencari informasi terpercaya yang bisa kamu dapatkan melalui www.indonesiapastibisa.org

    Baca juga Lebih Cermat Memilih Obat Agar Terhindar Dari Mafia Obat

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here