Wednesday, October 27, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jaringan 5G Hadir, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jaringan 5G hingga kini masih belum tersedia di Indonesia, namun tiga smartphone yang mendukung 5G sudah masuk ke Tanah Air. Ketiganya adalah Samsung Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra yang resmi masuk Indonesia pada bulan Januari lalu.

Ketiga ponsel tersebut memiliki kemampuan 5G, tetapi saat ini masih dalam keadaan terkunci (locked) dari sistem. Kemampuan ini akan dibuka melalui pembaruan software apabila jaringan 5G sudah tersedia. 

Ketika kemampuan jaringan 5G dibuka, maka pengguna ketiga smartphone tersebut dipastikan bisa menikmati berbagai hal yang sulit dilakukan pada 4G. Apa saja yang bisa dilakukan jika jaringan 5G sudah dibuka?

Mengunduh konten lebih cepat

Photo by cottonbro (Pexels.com)

Melansir tekno.kompas.com, Product Marketing Manager Samsung Mobile Indonesia, Taufiqul Furqan mengungkapkan, jaringan 5G memiliki kecepatan unduh (download speed) mencapai 20 Gbps yang jauh lebih mumpuni dibandingkan 4G. Maka, file sebesar 10 GB secara teori akan bisa diunduh dalam waktu sekitar empat detik. 

Streaming video berkualitas tinggi 

Photo by Mika Baumeister (Unsplash.com)

Dengan jaringan 5G, maka pengguna dapat menonton video 4K hingga 8K dengan lancar di Galaxy S21 Series. Namun, ini tergantung dari aplikasi penyedia konten tersebut karena pada umumnya, streaming platform membatasi konten video yang ditampilkan agar sesuai dengan layar perangkat yang digunakan. 

Kegiatan video telekonferensi

Photo by visuals (Unsplash.com)

Jika kamu menggunakan Zoom atau Google Meet, maka tampilan yang dihasilkan akan lebih mulus dan lancar. Hal ini dipengaruhi oleh latency jaringan 5G yang diklaim kurang dari 1 milidetik (m/s). “Karena latency lebih rendah, feedback yang kita berikan akan terasa jauh lebih real-time, sehingga seakan-akan kita berbicara di depan orangnya langsung,” tutur Taufiq. 

Cloud gaming 

Photo by AronPW (Unsplash.com)

Cloud gaming diprediksi akan menjadi tren hiburan jika jaringan 5G sudah tersebar secara merata. Dengan adanya 5G, maka para pengguna trio Galaxy S21 dapat memainkan beragam permainan papan atas yang tersedia di platform cloud gaming. Selain itu, berbagai online game juga bakal bisa dimainkan dengan lancar tanpa lag berkat hadirnya jaringan super ini. 

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi Tanpa HP Untuk Siswa Dan Lansia

Sekolah pada umumnya melarang siswa untuk membawa ponsel. Namun, saat ini kita sangat membutuhkan ponsel untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi...

Si Kecil Tidur Pulas dengan Kelambu NS Gallery

Tidur pulas pada anak atau bayi merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Ketika si kecil tidur pulas, hal ini...

SiCepat Ekspres Menambah Kepemilikan Saham Di DMMX

PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) kembali menambah kepemilikan sahamnya di PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Dengan ini, maka SiCepat...

Populer Artikel