Saturday, January 28, 2023
25 C
Jakarta
More

    Maknai Nilai-Nilai Pancasila dengan Menonton 5 Film Berikut Ini

    Setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Peringatan ini bertujuan untuk mengenang hari di mana kata Pancasila disebutkan pertama kali oleh Presiden Soekarno lalu dijadikan ideologi falsafah negara Indonesia sampai sekarang. Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, kamu bisa menonton beberapa film yang pernah menceritakan mengenai nilai-nilai luhur demi mempersatukan bangsa.

    Film-film ini wajib ditonton karena mengandung pelajaran berharga tentang nilai-nilai Pancasila. Berikut 5 rekomendasi film mengenai sejarah di antaranya: 

    Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita

    Sumber: IMDb

    Film ini mengisahkan pidato Soekarno saat bidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada 1 Juni 1945. Peristiwa itu yang hingga kini dikenal sebagai Hari Lahir Pancasila. Film ini benar-benar fokus pada isi pidato Soekarno. Film ini merupakan gagasan aktor senior Tio Pakusadewo yang juga bertugas sebagai pemain, serta sutradara dan produser bersama Tino Saroengallo.

    Merah Putih 

    Film ini merupakan drama historis yang menceritakan tentang para pejuang kemerdekaan Indonesia. Termasuk dalam Trilogi Merdeka yang kemudian diikuti Darah Garuda dan Hati Merdeka. Merah Putih bercerita tentang perjuangan pada 1947 saat terjadinya peristiwa Agresi Militer Belanda 1.  Walaupun berisi karakter fiktif, penokohan mereka datang dari arketipe warga negara Indonesia yang berasal dari berbagai macam latar belakang.

    Soekarno

    Sumber: Tribun News

    Soekarno merupakan film biopik Soekarno (Ario Bayu) yang memperjuangkan hak-hak Indonesia dari penjajahan Belanda dan Jepang. Kisah-kisah jelang kemerdekaan pun ditampilkan hingga akhirnya berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Film ini dibintangi oleh Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, Tika Bravani, Ferry Salim, dan Tanta Ginting.

    Baca juga: Film Indonesia Yang Akan Tayang Di Bioskop Di Akhir Tahun 2021

    Lima

    Sumber: Tribun Wiki

    Lima bercerita tentang Farah, pelatih renang yang diperankan Prisia Nsution, dan kedua saudaranya, Aryo dan Adi, yang baru ditinggal wafat ibunya. Film ini berfokus pada masalah yang dialami ketiga bersaudara itu dan asisten rumah tangga mereka yakni Ijah, yang terjadi seputar perdebatan soal agama, rasisme, kemanusiaan, dan keadilan. Film ini mengajarkan penonton bahwa masalah yang sering terjadi di sekitar kita sejatinya bisa diselesaikan dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. 

    3 Srikandi

    Sumber: IMDb

    Di tahun 1988, Indonesia mengalami krisis di dunia olahraga karena menghilangnya pelatih yang dianggap bisa membawa tim panahan wanita Indonesia ke Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul. Film ini menceritakan tentang 3 karakter tim panahan yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, dan Tara Basro. Serta pelatih yang diperankan oleh Reza Rahardian. Makna dari film 3 Srikandi yaitu tentang perjuangan Indonesia untuk bisa unjuk gigi di mata internasional dan sekeras apa kehidupan mereka yang berusaha mengharumkan nama bangsa.

    Baca juga: Rekomendasi Film di Netflix Bulan Mei 2022, Siap Temani Hari Liburmu!

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here