Wednesday, September 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Olahraga yang Cocok Penderita Asam Lambung

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bagi beberapa orang yang menderita penyakit gastroesophageal reflux atau asam lambung, olahraga sering kali dapat memperparah gejalanya. Dalam kondisi tertentu, olahraga dapat menyebabkan asam lambung naik. Jika kamu salah satu penderita penyakit ini, jangan khawatir, berikut ada beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan tanpa memperburuk gejala asam lambung.

Berenang dapat mengurangi gejala asam lambung

Photo by Jim De Ramos from Pexels

Jika kamu melakukan Teknik renang tertentu, seperti menoleh ke samping untuk menarik nafas selama setiap gerakan renang, kamu akan tetap aman melakukan kegiatan olahraga yang satu ini. Ketika berenang semua otot pada tubuh akan bekerja. Gerakan berenang akan menghindari adanya tekanan pada perut, sehingga risiko lonjakan asam lambung atau GERD dapat dihindari

Berjalan kaki

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Berjalan kaki menjadi latihan terbaik untuk penderita penyakit asam lambung. Secara medis, berjalan kaki dikenal dan disarankan oleh semua praktisi medis untuk kesehatan yang baik. Aktivitas fisik ini memiliki manfaat yang besar, serta dapat mengurangi tingkat penyakit kronis. Kamu bisa berjalan santai di sekitar rumah atau taman sambil menikmati matahari pagi atau sore.

Pilates

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Pilates merupakan salah satu olah raga yang dapat menghilangkan sakit perut. Olahraga dapat membantu meringankan tekanan perut karena kembung dan gas. Kombinasikan olahraga dengan pola makan yang tepat. Olahraga seperti pilates ini dapat menjadi obat untuk kondisi asam lambung dan meredakan kecemasan yang mengganggu perut.

Bersepeda dengan kecepatan lambat

Photo by Nubia Navarro (nubikini) from Pexels

Bersepeda dapat membawa banyak manfaat bagi penderita refluks asam. Bersepeda dengan tempo yang lebih lambat dan tidak terlalu kuat dapat menjadi pilihan yang bagus untuk berolahraga. Pilihlah bersepeda dengan posisi tegak.

Yoga dapat mengurangi tekanan yang ada pada lambung

Photo by Elina Fairytale from Pexels

Latihan dengan intensitas rendah seperti yoga dapat menjadi solusi olahraga untuk penderita gastroesophageal reflux . Hindari posisi berbaring untuk meminimalisir gejala. Latihan pernapasan dan peregangan badan saat yoga juga akan mengurangi tekanan yang ada dalam lambung. Ikutilah kelas yoga bersama instruktur profesional agar mengurangi risiko cedera dan mengoptimalkan manfaat yang didapat.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Indonesia Pasti Bisa Buka Sentra Vaksinasi 2.500 Dosis di Kota Semarang

Gerakan Indonesia Pasti Bisa bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka sentra vaksinasi di Mall Tentrem, Semarang pada 20-21 September...

Indonesia Pasti Bisa Salurkan Obat Remdesivir Ke dr. Gunawan

Indonesia Pasti Bisa mendapatkan donasi berupa obat Covid-19, yaitu Remdesivir dari salah satu donatur. Obat Covid-19 Remdesivir ini langsung...

SiCepat Ekspres Raih 2 Penghargaan Dalam Ajang OMNI Brands Award 2021.

SiCepat Ekspres berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang OMNI Brands Award 2021 yang diselenggarakan oleh Marketeers. SiCepat Ekspres...

Populer Artikel