Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tingkatkan Imunitas di Bulan Puasa Dengan Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Sahur

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Saat Bulan Ramadan datang, asupan makanan dan gizi seimbang justru menjadi hal yang penting untuk lebih diperhatikan. Terlebih di momen ramadan kali ini yang berbeda dari biasanya, dimana masyarakat Indonesia sedang bersama-sama memerangi virus covid-19 yang sedang merebak di berbagai daerah. Untuk itu, kita perlu untuk lebih aware dan memperhatikan asupan makanan bernutrisi yang bisa meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari resiko penularan virus.

Nutrisi yang ada dalam makanan sehat bisa membantu tubuh untuk tetap bugar dan memaksimalkan kerja organ. Untuk bisa meningkatkan imunitas tubuh, makanan sehat ini harus mengandung berbagai jenis vitamin diantaranya vitamin C, B6, dan E. Selain itu, kandungan mineral, protein, lemak, dan sebagainya juga penting dalam pembentukan enzim baru. Kandungan nutrisi baik ini tentu bisa kita temui dalam berbagai jenis buah dan sayur. Karena itu, untuk meningkatkan imunitas di bulan puasa ini, yuk kita perbanyak konsumsi makanan sehat saat sahur sebagai sumber energi agar bisa beraktivitas. Nah, beberapa referensi makanan sehat yang bisa kamu konsumsi saat sahur diantaranya ada:

Tumis Brokoli

Kandungan vitamin C dan serat yang kaya dalam brokoli sangat baik untuk tubuh. Selain itu, brokoli juga mengandung glukorafanin, yakni bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Untuk kamu yang ingin mengonsumsi brokoli, kamu bisa memaksaknya dengan resep ditumis ya! Tapi ingat, jangan menumisnya hingga terlalu matang dan layu karena bisa mengurangi khasiat yang ada di dalamnya.

Cah buncis wortel bumbu bawang

Buncis mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan juga zat lain seperti folat, protein, dan serat. Buncis sangat cocok jika disantap dengan ditemani bersama wortel yang juga kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan juga zat lain yang bermanfaat bagi tubuh. Kamu bisa menumis buncis bersama dengan wortel dengan menambahkan bumbu sederhana seperti bawang putih dan bawang merah yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Tumis salmon bayam

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan omega 3, protein, dan juga antioksidan penting bagi tubuh. Selain itu, salmon juga merupakan jenis ikan yang kaya akan potassium dan rendah lemak. Kamu bisa kombinasikan salmon dengan bayam yang mengandung vitamin C dan A yang baik dan efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Salad buah dan sayur

Jika tidak ingin makan berat, kamu bisa memilih alternative lain sepeerti mengonsumsi salad buah dan sayur saat sahur. Kandungan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam berbagai jenis buah dan sayur tentu sangat efektif untuk menjaga imunitas tubuhmu. Kamu juga bisa menambahkan yogurt yang kaya akan vitamin B, zink, dan kalsium agar saladmu semakin nikmat disantap!

Minuman herbal

Saat berpuasa, kamu harus banyak mengonsumsi mineral agar cairan tubuhmu seimbang. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis minuan herbal yang baik untuk tubuh seperti minuman herbal berbahan dasar jahe, kunyit, air lemon, madu, serai, dan kencur. Beberapa jenis minuman herbal tersebut bisa memberikan sensasi hangat dan membuat tubuhmu merasa segar. Kandungannya pun bisa meningkatkan kondisi imunitas tubuh lho!

Nah, itu dia beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai menu sahur yang sehat dengan berbagai kandungan zat baiknya. Makanan tersebut tentunya bisa membantumu menjaga sistem imun agar bisa menjalani aktivitas ditengah pandemic covid-19 yang sedang dialami oleh masyarakat Indonesia. Jangan lupa untuk selalu menjaga Kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan juga berolahraga ya!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel