Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tips Bersihkan Earphone Agar Terhidar dari Bakteri

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siapa yang tak mengenal istilah earphone? Kini, earphone nampaknya menjadi teman setia bagi beebrapa orang, khususnya masyarakat pengguna kendaraan umum yang seringkali menggunakan earphone untuk menghibur diri dengan mendengarkan music ditengah perjalannya. Namun, tahukah kamu bahwa earphone merupakan salah satu benda yang mengandung banyak bakteri?

Para pengguna earphone seringkali menaruh benda ini di sembarang tempat dan sering meminjamkannya kepada orang lain sehingga earphone mudah terkontaminasi bakteri. Karena itu, earphone harus rutin dibersihkan agar bakteri tidak membahayakan kesehatan telinga kita. Selain menghindari bakteri, membersihkan earphone juga bisa membuat performanya semakin baik lho. Nah, berikut ini 3 cara membersihkan earphone yang tepat dan benar ya!

Sikat permukaan

Sebelum menyikat earphone dan membersihkannya, kamu perlu melepas bagian earbud terlebih dahulu. Arahkan bagian dalam earphone ke bawah lalu kamu bisa langsung mulai menyikatnya dengan menggunakan sikat gigi. Menyikat earphone dengan sikat gigi ini bisa membantu membersihkan earphone ke seluruh bagian.

Bersihkan dengan cottonbuds dan alcohol

Setelah menyikatnya dengan sikat gigi, kamu bisa membersihkan earphone dengan cuttonbuds yang dibasahi dengan cairan alcohol. Cara ini bertujuan untuk mensterilkan permukaan dan menghilangkan sisa kotoran telinga di earphone yang masih menempel. Tapi yang perlu diperhatikan, jangan membuat cuttonbuds terlalu basah dengan alcohol. Hal tersebut bisa membuat cairan alcohol justru masuk dan merusak earphone.

Keringkan dengan kapas atau tissue

Setelah membersihkannya dengan alcohol, kamu bisa mengeringkannya dengan menggunakan kapas atau tissue. Agar lebih bersih, kamu bisa menggunakan sticker untuk ditempelkan ke earphone yang sudah dibersihkan tadi untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih menempel.

Cuci earbuds

Kamu bisa membersihkan bantalan earbuds dengan mencucinya menggunakan sabun cuci piring. Caranya, tuangkan sabun dengan air hangat, kemudian cucilah airbuds hingga permukannya bersih sampai taka da kotoran yang menempel. Gunakan permukaan yang halus untuk mencucinya ya!

Bersihkan kabel

Banyak dari kamu pasti mengalami kabel earphone yang menguning karena kotor. Kamu bisa membersihkannya dengan cara yang mudah lho! Bersihkan kabel earphone dengan menggunakan minyak kayu putih atau baby oil. Basahi kapas dengan cairan baby oil/ minyak kayu putih tersebut kemudian gosokkan ke permukaan kabel earphone hingga kotoran sedikit memudar dan warnanya membaik. Meski tak Kembali 100%, paling tidak kabel earphone sudah tak berwarna kuning dan lebih bersih dari sebelumnya.

Nah, itu dia tips dan trick membersihkan earphone yang sangat mudah. Selamat mencobanya di rumah ya!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel