Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    5 Kebiasaan Ini Bisa Memicu Kulit Wajah Semakin Berminyak

    Kulit berminyak menjadi salah satu masalah umum bagi sebagian orang yang disebabkan oleh kelenjar di wajah yang memproduksi sebum berlebih. Sebum berlebih ini dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat.

    Selain itu, kulit berminyak kerap membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Salah satu jenis kulit ini dapat menimbulkan permasalahan seperti wajah kusam dan berjerawat. Terlalu sebum dan jenis kulit wajah berminyak sama-sama bisa membuat kulit berjerawat.

    Nah, ternyata terdapat beberapa kebiasaan sehari-hari yang mungkin tidak kamu sadari justru dapat membuat kulit semakin berminyak. Ada apa saja kebiasaan yang harus kamu hindari? Simak selengkapnya berikut ini:

    Terlalu Sering Mencuci Wajah

    Photo by Pvproductions from Freepik

    Jika kamu berpikir bahwa mencuci wajah sesering mungkin bisa menghilangkan minyak di wajah, maka hal tersebut sangat salah. Mencuci wajah terlalu sering hanya akan membuat kulit menjadi kering. Sehingga saat kulit kering, Ia akan memproduksi minyak alami agar wajah tetap lembap. Hal inilah yang akhirnya membuat wajah menjadi semakin berminyak.

    Tidak Minum Cukup Air

    Photo by Freepik from Freepik

    Ketika tubuh tidak cukup terhidrasi, tubuh akan mengirimkan sinyal ke kelenjar untuk memicu lebih banyak produksi minyak guna menyeimbangkan kelembaban. Akhirnya, kelenjar penghasil minyak pun mencoba untuk melumasi dan menyebabkan kulit menjadi semakin berminyak. Sebagai langkah pencegahan, pastikan untuk rajin minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

    Baca juga: Penyebab Jerawat di Alis dan Cara Menghilangkannya, Perlu Diketahui!

    Tidak Menggunakan Pelembab

    Photo by Pressfoto from Freepik

    Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab. Hal ini berguna untuk menghidrasi serta melembapkan wajah dan menyeimbangkan kadar minyak. Salah satu tipsnya, pilihlah pelembab berbahan dasar air serta yang memiliki label oil-free dan non-comedogenic.

    Sering Mengkonsumsi Makanan Berminyak

    Photo by Freepik from Freepik

    Jika kamu sering mengkonsumsi makanan berminyak dan junk food, jangan heran jika hal inilah yang membuat kulit wajah semakin berminyak. Cobalah untuk imbangin asupan gizimu dengan memakan sayur, buah, dan air putih. 

    Stress

    Photo by Elisa Ventur from Unsplash

    Androgen sebagai hormon yang bertanggung jawab atas produksi minyak dapat berfluktuasi selama masa pubertas, kehamilan, atau menopause. Saat kamu merasa stress, androgen dapat mengalami peningkatan sehingga produksi sebum pun menjadi berlebihan. Ketika mengalami kondisi ini, jangan heran jika kulit akan semakin berminyak bahkan bisa menimbulkan jerawat yang jumlahnya berlebihan.

    Baca juga: 7 Langkah Mencuci Wajah Agar Kulit Tetap Mulus

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here