Sunday, May 22, 2022
31.8 C
Jakarta
More
    HomeSiCepatBikin Kulit Wajah Lebih Awet Muda, Ini Teknik yang...

    Bikin Kulit Wajah Lebih Awet Muda, Ini Teknik yang Benar Menggunakan Gua Sha

    Bagi kamu yang rajin menggunakan skincare, pasti sudah tidak asing lagi dengan teknik Gua Sha. Mendengar kata Gua Sha, orang sering mengaitkannya dengan teknik memijat wajah menggunakan batu gjok untuk menjaga kulit tetap awet muda.

    Gua Sha merupakan teknik yang digunakan dalam pengobatan tradisional Asia Timur untuk mengobati nyeri otot dan ketegangan. Tujuan utamanya adalah memindahkan energi atau yang dikenal sebagai gi atau chi ke seluruh tubuh. Perawatan ini melibatkan penggunaan alat untuk menggosok kulit dengan gerakan yang lama dan memberikan tekanan yang cukup.

    Teknik pemijatan Gua Sha juga tidak seperti facial lainnya karena tidak meninggalkan bekas memar. Karena pada dasarnya teknik  facial ini menggunakan tenaga tangan yang cukup ringan dan bisa dilakukan di rumah. Hasilnya dipercaya kulit wajah akan lebih terangkat, kencang, dan bercahaya. 

    Namun sebelum kamu memijat sendiri menggunakan Gua Sha, berikut cara yang perlu kamu ketahui agar bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

    Siapkan kulit wajah terlebih dahulu

    Mencoba menggunakan Gua Sha tanpa mempersiapkan wajah dengan produk sebelumnya akan membuat kulit wajah menjadi iritasi. Hal ini karena alat tersebut akan menarik kulit wajah secara lembut ke bagian atas. Jika kulit terasa kasar atau tidak lembap, akan membuat tarikan wajah terasa menyakitkan.

    Kamu bisa mengoleskan krim pelembap, serum, atau face oil sebelum menggunakan Gua Sha. Dengan tetap menjaga kelembapan kulit, kamu akan mengurangi gesekan antara wajah dengan alat Gua Sha.

    Miringkan alat dengan benar

    Photo by Polina Kovaleva from Pexels

    Jika Gua Sha digunakan dengan sudut yang tidak tepat, kamu harus berhati-hati karena dapat berisiko menimbulkan tekanan yang salah di kulit. Salah satu cara yang tepat adalah dengan meletakkannya dengan sudut 15 derajat. Angle ini untuk membuat tarikan yang meniru aliran limfatik dari tengah wajah ke tepi dan kemudian ke atas serta bawah leher.

    Baca juga: 7 Langkah Mencuci Wajah Agar Kulit Tetap Mulus

    Perhatikan tekanannya

    Photo from Freepik

    Penting untuk menyadari seberapa besar tekanan yang kamu berikan ketika menggunakan Gua Sha. Kamu tidak perlu menekan keras alat ke kulit agar Gua Sha bisa bekerja efektif. Untuk memulai pijatan dari tengah wajah, kemudian gerakkan batu ke arah garis rambut dengan gerakan menyapu.

    Gunakan teknik Gua Sha dengan tepat

    Photo from Freepik

    Pegang alat pada sudut 30 hingga 50 derajat lalu tarik atau gesekkan dengan sangat lembut ke seluruh kulit. Sebagai aturan, semua gerakan harus ke atas dan mengikuti aliran limfatik. Ulangi setiap gerakan tiga sampai lima kali sebelum pindah ke area kulit berikutnya.

    Oleskan skincare

    Setelah selesai memijat wajah dengan Gua Sha, lanjutkan dengan rutinitas perawatan kulit. Untuk hasil terbaik, kamu bisa melakukan Gua Sha sebanyak tiga hingga empat kali seminggu selama sekitar 3-5 menit setiap kali.

    Baca juga: Intip Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah

    Subscribe berita terbaru dari blog Sahabat SiCepat

    Stay Connected

    88,466FansLike
    41,800FollowersFollow
    54,500FollowersFollow
    31,300FollowersFollow

    Recent Comments