Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Mengenal Lebih Jauh Internal Audit, “Berfikirlah Sebelum Berbuat Fraud” Karena Tim Internal Audit Akan Siap Bertindak

    Apa itu Fraud ? Fraud adalah perbuatan dengan sengaja yang dilakukan secara diam-diam atau terang-terangan, baik dilakukan secara perorangan ataupun Bersama-sama yang mengakibatkan kerugian perusahaan.

    Siapa yang berperan dalam mengawasi adanya perbuatan terindikasi fraud didalam sebuah perusahaan? Jawabannya sudah pasti adalah semua elemen yang berada didalam perusahaan tersebut. Namun yang memiliki tanggung jawab dan berwenang untuk menindak adanya perbuatan yang terindikasi fraud, salah satunya adalah Internal Audit.

    Sebagai perusahaan ekspedisi dengan lokasi gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, SiCepat Ekspres juga memiliki tim Internal Audit yang terbagi atas departemen Audit Investigasi dan Compliance yang beranggotakan 26 orang. Tim Internal Audit SiCepat bertugas atas proses audit investigasi, pemeriksaan, serta penyelidikan yang berhubungan dengan tindakan fraud atau kerugian perusahaan di segala divisi, baik Head Office maupun gerai operasional. Selanjutnya, juga terdapat Internal Audit Compliance dengan tanggung jawab untuk memantau dan melakukan pengawasan terhadap kepatuhan SOP (Standar Operasional Perusahaan).

    Baca juga: Terapkan 3S ‘Santai, Serius, dan Selesai’ dalam Bekerja, Jadi Cara Hendra Gunawan Meraih Kesuksesan

    Contoh Para Oknum Karyawan Pelaku Tindakan Fraud

    Terkait dengan image “audit” yang selalu terbayang menyeramkan dalam benak para pekerja, Suseno mengakui jika dia dan tim berusaha untuk mengimbangi kegiatan audit dengan melakukan proses komunikasi melalui tim Internal Audit Compliance. Melalui tim Internal Audit Compliance, terjadi pendekatan seperti mengamati keluh kesah karyawan mengenai sistem operasional dan selanjutnya akan dibantu untuk menyampaikan keluhan tersebut kepada manajemen.

    Tim internal audit dalam melakukan proses kegiatan audit selalu mendepankan kode etik sebagai auditor diantaranya adalah Integritas, Obyektifitas, Kerahasiaan dan Kompeten.

    Cara Menjadi Auditor

    Seluruh auditor internal PT Sicepat Ekspres Indonesia, harus memenuhi syarat dan memiliki kompetensi berikut, antara lain:

    1.    Memiliki integritas dan perilaku yang profesional, independen, jujur, dan objektif dalam pelaksanaan tugasnya.

    2.    Memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai teknis audit dan disiplin ilmu lain yang relevan dengan bidang tugasnya.

    3.    Memiliki kecakapan untuk berinteraksi dan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis secara efektif.

    4.    Mematuhi standar profesi yang dikeluarkan oleh asosiasi audit internal.

    5.    Mematuhi kode etik audit internal.

    6.    Menjaga kerahasiaan informasi dan/atau data perusahaan terkait dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Fungsi Audit Internal, kecuali diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan atau penetapan atau putusan pengadilan.

    7.    Memahami prinsip tata kelola perusahaan yang baik dan manajemen risiko.

    8.    Bersedia meningkatkan pengetahuan, keahlian, dan kemampuan profesionalismenya secara terus-menerus. Salah satu caranya yaitu mengikuti beberapa kompetensi keahlian seperti Certified Internal Audit Profesional (CIAP) ataupun Certified Forensic Auditor (CFra)

    Bagaimana Tim Audit Bekerja?

    Jika tim auditor mengawasi seluruh kegiatan perusahaan, maka pasti banyak yang penasaran bagaimana seluruh tim dapat mengetahui informasi dari segala divisi?

    Atas pertanyaan tersebut, Suseno menerangkan jika Tim Audit akan melakukan pemeriksaan berdasarkan laporan informasi dan data temuan. Laporan informasi merupakan yang diterima dari rekan kerja yang merasa adanya suatu hal yang perlu diselidiki. Sedangkan, data temuan merupakan hasil olahan data tim audit yang menimbulkan kecurigaan atau tidak sewajarnya.

    Seberapa Besar Peran Auditor dalam Perusahaan?

    Sicepat ini bagaikan sebuah kapal yang sedang berlayar. Jadi ibarat sebuah kapal yang berlayar sudah pasti akan selalu diperiksa kelayakan berlayarnya dari segala aspek salah satunya adalah memeriksa apakah ada kebocoran yang mengakibatkan kapal tenggelam atau karam dan dapat merugikan bukan hanya pemilik kapal tetapi juga seluruh orang yang berada dikapal tersebut. Maka disinilah peran besar tim audit untuk menjaga terjadinya kebocoran dan mengungkap siapa pelaku yang membuat kebocoran tersebut yang dapat merugikan perusahaan.

    Demi memberikan performa kerja lebih baik lagi serta sejalan dengan visi dan misi perusaahaan, Tim Internal Audit SiCepat berharap dapat memberikan sosialiasi lebih dalam melalui tim Compliance mengenai peraturan SOP kepada seluruh karyawan SiCepat. Selain itu, Tim Internal Audit sedang dalam masa pengembangan aplikasi yang dirancang khusus untuk seluruh karyawan apabila ingin menyampaikan pengaduan langsung kepada tim audit dan pelapor juga dapat memonitor status pelaporannya.

    Akhir kata melalui media ini Suseno berpesan kepada seluruh rekan kerja, bekerjalah dari hati dengan penuh kejujuran, jangan pernah berfikir sedikitpun untuk coba-coba melakukan perbuatan yang merugikan perusahaan karena sudah banyak oknum karyawan yang  melakukan tindakan fraud dan menerima sangsi tegas yaitu  “Proses Hukum”

    Baca juga: Mengenal Divisi Legal SiCepat Ekspres, Bantu Perizinan hingga Cegah Risiko Hukum Perusahaan

    Bella Rifanda
    Bella Rifanda
    Working as a Content Writer at SiCepat Ekspres. Food enthusiast.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here