Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Teknik Merajut Syal yang Mudah Dilakukan bagi Pemula

    Merajut merupakan metode untuk membuat baju, syal, tas, atau pernak-pernik lainnya yang terbuat dari benang yang dirajut. Merajut biasanya menggunakan benang yang agak tebal dengan berbagai warna dan menggunakan jarum khusus untuk merajut.

    Menggeluti hobi merajut pun sudah dianggap sebagai sesuatu yang classy. Bagi kamu yang baru pertama kali akan mencoba cara merajut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Cara merajut untuk pemula adalah perhatikan teknik dasarnya. Meliputi cast on, knit stitch, dan cast off. Lalu pilih alat dan bahan yang tidak akan menyulitkan praktiknya di awal.

    Nah buat kamu yang tertarik ingin belajar merajut, simak cara merajut syal buat pemula di bawah ini:

    Alat dan Bahan:

    • Hakpen (jarum rajut)
    • Benang wol tebal, warna sesuai selera
    • Jarum sulam
    • Benang jahit
    • Kotek api
    • Gunting
    Photo by Ursula Castillo from Unsplash

    Baca juga: Hobi yang Bisa Menjadi Penghasilan Tambahan

    Cara Membuat Syal Sederhana:

    1. Tentukan tebal atau tipisnya syal sesuai dengan keperluan. Jika sedang musim penghujan maka gunakan wol yang tebal dan jika musim kemarau cara merajut pakailah benang yang lebih tipis.
    2. Sebelum mempelajari sebuah pola, buatlah test swatch cara merajut terlebih dahulu. Ini merupakan cara mempraktikkan jenis tusuk tertentu tanpa berusaha membuat bentuk apa pun atau hanya sekedar berlatih dan mencari tahu seketat dan selonggar apa tusuk yang kamu inginkan.
    3. Membuat rantai (chain). Setiap proyek cara merajut bisa dibilang kerap di mulai dengan sebuah tusuk rantai (chain stitch). Berlatihlah membuat tusuk rantai cara merajut selama kurang 10-15 menit per hari sampai mampu menahan benang hingga tidak terlalu longgar atau rapat.
    4. Buatlah tusuk ganda atau double crochet cara merajut. Teknik ini merupakan yang paling cocok untuk cara merajut sweter atau syal karena jenis tusuk ini sedikit longgar jika dibandingkan dengan jenis tusuk lainnya.
    5. Buatlah rantai (chain/ch) yang saling terhubung sebanyak 15 buah. Ambil benang dengan kait hakpen dari depan ke belakang (yam over). Kemudian cara merajut selanjutnya geser hakpen yang berisi dua lubang pertama, masukkan ke rantai ke-4 dan ambil lagi benang dengan kait hakpen.
    6. Tarik dengan lembut benang yang melilit tersebut melalui tusuk rantai. Bawa hakpen melewati rantai. Hasil cara merajut ini kamu akan memiliki tiga lubang pada hakpen.
    7. Ambil benang dengan kait hakpen dan tarik melewati dua lubang pertama pada hakpen. Ambil bagian belakang lalu tarik hakpen melewati dua lubang terakhir yang ada pada hakpen. Maka cara merajut lengkap sudah double crochet yang kamu buat, kamu hanya perlu mengulanginya cara merajut ini sampai terbentuk syal.

    Baca juga: Iseng Geluti Hobi, Thrift Shop Kini Jadi Cuan

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here