Thursday, August 18, 2022
26.8 C
Jakarta
More

    Atasi Kolesterol Setelah Idul Adha? Yuk, Ikuti Tips Berikut Ini

    Menikmati hidangan daging sapi maupun kambing saat Idul Adha memang nikmat. Namun perlu diingat bahwa daging mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.  

    Sedangkan kadar kolesterol yang tinggi bisa mengundang banyak penyakit. Sehingga jika konsumsi daging berlemak secara berlebihan selama Idul Adha berpotensi meningkatkan kolesterol darah.

    Tentu agar kolesterol tidak tinggi, sangat penting menjaga asupan makanan agar tubuh tetap sehat. Berikut ini cara menurunkan kolesterol setelah makan daging kurban:

    Mengonsumsi Sayuran dan Buah Tinggi Serat

    Photo by Jill Wellington from Pexels

    Kamu bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat seperti stroberi, pisang, pir, apel, jeruk, wortel, dan brokoli. Hal ini karena serat dapat melarutkan kolesterol jahat. Mengkonsumsi lebih banyak sayur dari jenis kacang-kacangan seperti kacang polong dan buncis yang mengandung serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

    Rutin Berolahraga

    Photo by Anupam Mahapatra from Unsplash

    Olahraga selama 2,5 jam per minggu dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Segera bangun rutinitas sehat ini. Tidak perlu susah, kamu bisa memulai dengan jalan kaki 10 menit setiap hari. Lalu tingkatkan secara bertahan intensitasnya.

    Baca juga: 5 Kreasi Menu Sehat yang Cocok untuk Sahur di Rumah

    Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

    Photo by Terje Sollie from Pexels

    Selanjutnya kamu perlu untuk menghindari makanan lemak tinggi. Pilihlah makanan yang rendah lemak seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, tahu tempe, dan sebagainya. Setelah Idul Adha, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan membatasi cepat saji.

    Mengganti Sarapan dengan Oatmeal

    Photo by Margarita Zueva from Unsplash

    Kamu bisa mengganti sarapan lebih sehat dengan sarapan oatmeal. Makanan satu ini kaya akan nutrisi sekaligus sumber serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

    Tidak Makan Berlebihan

    Photo by Pixabay from Freepik

    Jika kamu tetap mengolah daging sapi atau kambing dengan menggunakan lemak atau santan, sebaiknya tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Cukup konsumsi dalam porsi sedang saja dalam sekali makan. Daging sapi dan kambing mengandung nutrisi penting seperti protein, mineral, dan sejumlah vitamin dan lemak. Nutrisinya tetap diperlukan tubuh tetapi perlu dikonsumsi dalam jumlah terukur.

    Baca juga: 5 Cara Agar Tubuh Tetap Terhidrasi Sepanjang Hari

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here