Wednesday, October 27, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar tetap tenang.

Meditasi bisa dilakukan di mana saja, bahkan bisa di dalam mobil di tengah kemacetan dengan cara duduk tenang, mengatur pernapasan selama 15 menit. Kegiatan ini juga efektif untuk mengaktifkan gelombang di otak yang berperan untuk konsentrasi, ingatan, dan kesadaran.

Meditasi juga mampu menghasilkan emosi positif yang merangsang efek bahagia. Ada beberapa jenis meditasi yang bisa dilakukan, yang familiar adalah yoga. Berdasarkan tekniknya, meditasi dibagi menjadi dua. Pertama, meditas konsentrasi yang memfokuskan kita pada satu suara, tarikan napas, atau kata-kata yang diucapkan. Kedua, meditasi kesadaran, merupakan kondisi kita akan sadar dengan perasaan, pikiran, atau suara yang melintas pada pikiran.

Cari posisi yang paling nyaman

Pilihlah tempat dan posisi yang paling nyaman untuk melakukan meditasi. Pastikan kamu dapat berkonsentrasi dengan baik. Kamu juga bisa semakin rileks dengan menyalakan lilin aroma terapi dan mematikan lampu agar lebih bisa berkonsentrasi.

Photo by Anna Shvets from Pexels

Baca juga: Cara Mudah Kendalikan Emosi dengan Pijat Jari

Kenakan pakaian yang nyaman

Jangan menggunakan pakaian berbahan jeans dan ketat. Pasang alarm untuk menentukan waktu meditasi. Buat kamu yang pemula, kamu bisa melakukan sesi pendek terlebih dahulu selama 5 menit. Jika sudah terbiasa, kamu bisa melakukannya dengan durasi lebih lama hingga satu jam.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi Tanpa HP Untuk Siswa Dan Lansia

Sekolah pada umumnya melarang siswa untuk membawa ponsel. Namun, saat ini kita sangat membutuhkan ponsel untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi...

Si Kecil Tidur Pulas dengan Kelambu NS Gallery

Tidur pulas pada anak atau bayi merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Ketika si kecil tidur pulas, hal ini...

SiCepat Ekspres Menambah Kepemilikan Saham Di DMMX

PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) kembali menambah kepemilikan sahamnya di PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Dengan ini, maka SiCepat...

Populer Artikel