Tuesday, August 9, 2022
26.6 C
Jakarta
More

    Jangan Panik, Ini Tips Melatih Penciuman Saat Anosmia

    Jangan panik saat kamu mengalami gejala anosmia atau hilangnya indra penciuman karena virus Covid-19.

    Anosmia atau gangguan penciuman adalah salah satu gejala yang dirasakan oleh pasien COVID-19. Terkadang, kondisi ini juga masih dapat dirasakan oleh pasien yang sudah sembuh dari COVID-19. 

    Gejala anosmia ini bisa diatasi dengan berbagai cara lho! Yaitu salah satunya dengan melatih indra penciuman menggunakan beberapa bahan alami.

    Photo by Anete Lusina from Pexels.com

    Ahli THT pediatrik dan Asisten Profesor Klinik Otolaringologi dan Anak di Sekolah Kedokteran Thomas Jefferson Sidney Kimmel, Nicole Aaronson, MD, MBA, CPE, FAAP, FACS, merekomendasikan untuk mencium tujuh aroma untuk melatih indera penciuman, di antaranya adalah: 

    • Vanila
    • Jeruk
    • Daun mint
    • Kopi
    • Kayu putih
    • Mawar
    • Cengkeh

    Caranya mudah, kamu hanya perlu meletakkan aroma-aroma tersebut di bawah hidung dan hirup dalam-dalam aromanya selama 15-20 detik. Lakukan latihan ini 2-3 kali sehari untuk sementara waktu. Praktik ini dapat dilakukan berkelanjutan dalam 3 bulan, 6 bulan, atau sampai sembuh. 

    Dengan melakukan praktik menghirup aroma-aroma di atas, gangguan indra penciuman karena Covid-19 yang kamu alami bisa segera pulih. Karena itu, kamu jangan panik ya!

    Jika kamu merasakan gejala-gejala Covid-19 yang lainnya seperti demam tinggi, batuk, dan lainnya segera lakukan konsultasi dengan dokter melalui layanan Telemedisin dan dapatkan obat serta vitamin gratis. Kamu bisa berkonsultasi dan mendapat obat secara gratis di 11 platform telemedisin berikut yakni Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

    Untuk mendapatkan obat secara gratis, kamu bisa melihat tutorialnya di artikel berikut ini Obat Gratis Bagi Pasien COVID-19 Melalui Telemedisin.

    Tetap waspada, jangan panik, dan saling bantu lewat gerakan Indonesia Pasti Bisa di www.indonesiapastibisa.org

    Baca juga Cara Menemukan Obat-obatan Covid-19 di Farmaplus

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here