Thursday, August 18, 2022
25.7 C
Jakarta
More

    Mengenal Perbedaan Branding dan Marketing dalam Bisnis yang Harus Dipahami

    Jika saat ini kamu baru merintis suatu bisnis, sangat penting untuk memahami perbedaan marketing dan branding. Pasalnya sangat perlu untuk mempelajari kedua bidang tersebut agar mampu mengembangkan bisnismu secara signifikan. 

    Selain itu marketing dan juga branding tidak bisa lepas dari sebuah bisnis. Meskipun keduanya saling berkaitan dalam mewujudkan tujuan bisnis, antara marketing dan branding, masing-masing memiliki perbedaan.

    Sederhananya, branding adalah nama bisnis atau perusahaan, sedangkan marketing merupakan bagaimana cara perusahaan membangun nama tersebut. Branding adalah strategi untuk jangka panjang. Karena sebuah proses berkelanjutan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat apalagi dalam waktu semalam.

    Sementara itu, marketing merupakan turunan dari branding. Biasanya strategi branding yang dilakukan perusahaan mencakup marketing. Dengan begitu strategi marketing bisa dilakukan dalam waktu yang lebih pendek dan temporal.

    Branding dapat membantu mengidentifikasi suatu produk dan membedakannya dengan produk yang lain. Branding tidak hanya memberi kesan, tapi juga mampu membuat pelanggan memahami bisnis atau perusahaan. Branding menjadi cara terbaik untuk membedakan perusahaan yang kamu miliki dengan para kompetitor lainnya.

    Target dari branding adalah untuk membuat perusahaan lebih terkenal, sedangkan marketing adalah untuk menarik konsumen lebih banyak. Untuk itu, sebelum melakukan marketing, kamu harus melakukan branding terlebih dahulu. 

    Baca juga: Bingung Branding? Yuk, Simak Strategi Digital Marketing Ini!

    Photo by Rawpixel from Freepik

    Dalam kegiatan marketing, branding akan lebih memudahkan marketing untuk menarik target penjualan karena sudah memperkenalkan brand dari perusahaan tersebut. Sedangkan dalam kegiatan branding bisa membantu marketing untuk mendapatkan loyalitas konsumen atau pelanggan.

    Namun dari perbedaan itu semua, terdapat hubungan antara branding dan marketing. Pada praktiknya, kegiatan marketing maupun branding mengerucut pada tujuan yang sama yaitu mendapatkan keuntungan.

    Sehingga marketing dan branding tentu saling melengkapi dan juga berhubungan karena keduanya sangat dibutuhkan dalam suatu bisnis. Perbedaan antara marketing dan branding dapat dijabarkan berikut ini:

    • Branding merupakan strategi menarik, sedangkan marketing adalah strategi pendorong
    • Kenali dirimu dengan branding, dan perkenalkan dirimu melalui marketing
    • Branding sifatnya jangka panjang sedangkan marketing bersifat jangka pendek
    • Bangun loyalitas menggunakan branding serta dapatkan respon dengan marketing
    • Ciptakan suatu nilai dengan branding, tetapi hasilkan nilai dari marketing
    • Branding bersifat strategis sedangkan marketing adalah suatu taktik
    • Branding dapat mempengaruhi emosi sedangkan marketing bisa mempengaruhi alasan

    Baca juga: Peran Suatu Logo dalam Membangun Sebuah Branding Usaha

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here